Halaman

Selasa, 24 April 2012

Penemu Mesin Cetak | Tokoh Dunia | Biografi Johannes Gensfleisch Gutanberg

Penemu Mesin Cetak Pertama Di Dunia |  
Di artikel ini saya akan menceritakan penemuan mesin mesin cetak | Johannes Gensfleisch Gutanberg yang masih kita gunakan saat ini. Dari seluruh buku yang saya baca, dapat disimpulkan bahwa si Johannes Gensfleisch Gutanberg lah penemu yang menemukan dan membuat mesin cetak modern pertama kali. Nggak usah banyak bacot lagi.. mari kita simak artikel tentang penemuan mesin cetak modern.

  •    Gutenberg lahir sekitar tahun 1395 di Mainz, Jerman, dari keluarga bangsawan Gensfleisch. Berita tentang masa muda atau riwayat hidupnya secara lebih lengkap sulit diperoleh. Konon, ia pernah menjalani hukuman pengasingan selama beberapa tahun di Strasbourg akibat keterlibatan kelarganya di bidang politik.
  •    Jasanya sebagai penemu meisn cetak untuk pertama kali yang bisa dilepas-lepas sangat mempengaruhi kemajuan Eropa pada masanya. Padahal, jika ditilik urutan penemuan di bidang percetakan, Tiongkok adalah pelopornya. Akan tetapi, penemuan orang-orang Cina tidaklah semodern penemuan Gutenberg.
  •    Pada tahun 868 M, hampir empat abad sebelum penemuan Gutenberg, sebuah buku cetakan sudah ditemukan di Cina. Akan tetapi, sistemnya masih melalui cetak blok, yaitu kayu atau logam dicukil untuk sebuah buku tertentu dan tidak bisa untuk buku lain. Bisa dibayangkan betapa repot dan makan waktu lamanya memproduksi buku-buku yang harus memiliki cetakan bloknya masing-masing.
  •    Pada pertengahan abad ke-11, huruf cetak yang bisa bergerak juga sudah ditemukan di Cina. Akan tetapi, karena terbuat dari sejenis tanah, tentu tidak akan bertahan lama. Kemudian awal abad ke-15, Korea juga telah mempergunakan huruf cetak dari logam. Sayangnya, mesin ini tidak menjadi milik umum sehingga sulit dilacak. Sementara penemuan Gutenberg pada tahun 1447 sama sekali tidak terlebih dulu mempelajari huruf cetak bergerak dari Cina. Setelah jenis mesin cetak praktis ini berkembang luas di Eropa, Cina barulah mempelajarinya dari barat.
  •    Kesadaran akan tingginya nilai hak paten mungkin belum ada pada diri Gutenberg sehingga hidupnya tidak kaya raya. Padahal, sebagai penemu mtode pertama penggunaan huruf cetak bergerak yang terbuat dari am campuran dapat menjanjikan kemakmuran jika hal itu terjadi sekarang. Di samping itu, ia adalah pakar pertama yang dapat tepat dan teliti menuangkan cairanlogam dalam angka pembuatan huruf cetak blok dan pakar di dalam menggunakatinta cetak serta alat penekan saat mencetak. Tak pelak lagi, seluruh kemampuan Gutanberg merangkum hal-hal di atas telah membuatnya sangat berjasa dalam melahirkan usaha produksi bahan bacaan secara massal.
  • Dalam sejarah dunia, bangsa yang paling menguasai sumber ilmu pengetahuan, yakni bahan bacaan, pasti akan menjadi bangsa yang berada di garis depan kemajuan. Bahan bacaan yang juga bagian dari sumber informasi telah membuat Eropa lebih menonjol dari benua-benua lain dalam hal menguasai ilmu pengetahuan melalui bahan bacaan yang diproduksi besar-besaran. Penemuan Gutenberg itu telah mengantarkan bangsa Eropa dapat saling barbagi informasi secara merata. Gutenberg yang wafat di Mainz pada tahun 1468 boleh jadi tidak mengetahui pengaruh penemuannya itu, tetapi kita tetap harus berterima kasih kepadanya.


Description: Penemu Mesin Cetak | Tokoh Dunia | Biografi Johannes Gensfleisch Gutanberg Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Penemu Mesin Cetak | Tokoh Dunia | Biografi Johannes Gensfleisch Gutanberg