Halaman

Selasa, 24 April 2012

Penemu Peredaran Darah Dan Fungsi Jantung | Tokoh Dunia | Sejarah William Harvey

   Penemu Peredaran Darah Dan Fungsi Jantung | William Harvey | Tokoh Dunia ini sangat lah penting bagi kalian-kalian saudara-saudari setanah air gue yang pengen  masuk kuliah bidang kedokteran. Ngak usah banyak bacot lagi looo.. mari kita simak cuplikan artikel di bawah ini....
   Penemu peredarah darah dan fungsi jantung ini merupakan tokoh ilmu fisiologi modern atau tokoh tentang fungsi alat tubuh hewan atau binatang. Pengukuhan ini ditetapkan berdasarkan buku yang diterbitkan pada tahun 1623 yang berjudul (dalam bahasa indonesia; kalau mau tau bahasa inggris nya tanyak aja ama om terjemahan ya..) Gerak Otomitas Anatomi Jantung dan Darah Bintang. Dalam buku inilah Hervey meletakkan dasar pengertian cara kerja tubuh manusia.

  •    Hervey lahir di Folkestone, Kent, Inggris pada tanggal 1 April 1578. Ia menuntu ilmu di Caius College, Cambridge, dan Universitas Padua tahun 1600 sampai 1602. Pada masa itu Universitas Padua merupakan universitas kedokteran terbaik di dunia. Pada tahun 1607 ia menjadi mahasiswi tingkat doktoral di Royal College of Physicians dan kembali mengajar dalam bidang anatomi. Pada tahun 1654 ia menjadi presiden dari perguruan tinggi ini, ia pernah jadi dokter Raja James I dan Raja Charles I. Di samping buka praktik pribadi, ia juga bekerja sebagai dokter di rumah sakit St. Bartholomew di London. Ia wafat di London pada tanggal 3 Juni 1657.
  •    Penemuan Harvey menyingkirkan pandangan sebelumnya yang ditanamkan oleh Galen seorang dokter Romawi Kuno yang hidup pada abad ke-2. Menurut Galen, terdapat dua pusat darah di dalam tubuh kita. Yang pertama adalah hati sebagai sumber dan pengirim darah melalui urat halus yang disebut pembuluh balik (vena). Fungsi urat ini adalah mengangkut makanan keseluruh tubuh. Pada waktu itu, Harvey belum mengetahui adanya urat darah kapiler, yaitu urat darah terkecil yang membawa darah dari pembulu nadi (arteri) terkecil lewat vena. Maklum, pada masa itu belum ditemukan mikroskop. Kelas, Kelak, Malphigilah yang menemukan pembuluh rambut (kapiler) ini.
  •    Sedangkan pusat darah yang kedua adalah jantung. Menurut Galen, jantung menyediakan darah yang mengalir di arteri dan sebagian kecil darah vena mengalir dari hati ke jantung. Sebaliknya, Harvey mengatakan bahwa semua darah di vena mengalir dari hati ke seluruh tubuh, tetapi dari seluruh tubuh kepusat tunggal, yaitu jantung. Ia mengumpamakan jantung sebagai pompa yang memompakan darah ke arteri. Ketika buku tentang peredaran darah ini diterbitkan, namanya langsung tersohor. pada awal nya memang mendapat reaksi keras, akan tetapi pada akhir hidupnya teorinya ini dibenarkan oleh para ahli.
  •    Harvey juga meneliti bidang embriologi dan dianggap pelopor ilmu ini berkat bukunya Tentang Generasi Muda Binatang yang diterbitkan pada tahun 1651. Seorang peneliti yang baik memang tidak pernah puas. Penemuan satu akan merangsang dia melakukan dan merintis keungkinan penemuan lainnya.


Description: Penemu Peredaran Darah Dan Fungsi Jantung | Tokoh Dunia | Sejarah William Harvey Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Penemu Peredaran Darah Dan Fungsi Jantung | Tokoh Dunia | Sejarah William Harvey