Halaman

Sabtu, 21 April 2012

Penemuan Berat Jenis Benda | Archimedes ( Biografi )

Penemu Berat Jenis Benda | Archimedes
Saya akan menceritakan biografi sang penemu teori " Berat Jenis Benda " ( Archimedes ).
Saya akan menjelas kan secara singkat sejarah penemu Archimedes

  •    Archimedes lahir sekitar tahun 287 sebelum masehi di Syracuse, Sicilia, yang pada masa itu merupakan koloni Yunani. Ayahnya, Pheidias, adalah seorang ahli ilmu astronomi. Archimedes menuntut ilmu di Aleksandria, yang padda masa itu merupakan pusat dunia ilmu pengetahuan. Ia merupakan murid para pengikut Euclid, seorang ahli ilmu ukur Yunani Kuno yanmg lahir 300 SM. Selama berada di Alesandria, ia menciptakan sejenis skrup yang bisa mengangkat air dari Sungai Nil untuk mengairi ladang-ladang. Sekembalinya ke Syracuse, ia memusatkan perhatiannya kepada ilmu pengetahuan.
  •    Pada tahun 214 SM Syacuse dikepung oleh pasukan Romawi di bawah komando Jendral Marcus Claudius Marcellus. Penduduk bertahan dengan bantuan senjata dan alat-alat militer rancangan Archimedes. Peralatan ini berupa ketapel, pelempar peluru, dan pengait yang bisa menjepit. Konoi, ada legenda bahwa Archimedes juga merancang semacam cerin cekung yang mampu membakar kapal-kapal Romawi dengan memusatkan sinar matahari ke arah kapal-kapal itu.
  •    Menurut legenda lainnya. ketika pasukan Romawi akhirnya menaklukan kotanya pada tahun 212 SM, Archimedes sedang duduk dalam satu lingkaran merenungi pola-pola ilmu ukur yang digambarkan di atas permukaan pasir. Ketika serdadu Romawi mendekatinya, tanpa rasa takut ia berteriak " Jangan masuk lingkaranku!!! " Padahal, serdadu itu datang dengan pedang terhunus.
  •    Demikianlah sosok seorang pemikir dan penemu yang tidak jemu-jemu nya mengejar jawaban dari apa yang mengusik rasa ingin tahu.

    Kalau mau tau lebih detail lagi klik aja Di Sini


Description: Penemuan Berat Jenis Benda | Archimedes ( Biografi ) Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Penemuan Berat Jenis Benda | Archimedes ( Biografi )