Halaman

Senin, 09 April 2012

Ciri-Ciri Remaja Pada Masa Pubertas *PSIKOLOGI REMAJA*


  • Ciri-Ciri Remaja Pada Masa Pubertas *PSIKOLOGI REMAJA*
    Masa pubertas adalah masa yang unik dan khusus yang ditandai oleh berbagai ciri tersendiri dari perubahan perkembangan yang tidak muncul pada tahap-tahap lainnya. Di antara ciri-ciri yang terpenting adalah berikut ini.
    A. Masa transisi dan tumpang tindih
       
    Dikatakan transisi sebab pubertas berada dalam peralihan antara masa kanak-kanak dengan masa remaja. Tumpang tindih sebab beberapa ciri biologis-psikologis kanak-kanak masih dimilikinya, sementara beberapa ciri remaja juga dimilikinya.
     
    B. Masa yang relatif singkat
       
    Masa pubertas merupakan masa yang relatif singkat; yaitu sekitar 2 sampai 4 tahun. Anak yang mengalami masa puber selama 2 tahun atau kurang dianggap sebagai anak yang "cepat matang" sedangkan anak yang membutuhkan 3 sampai 4 yahun untuk merampungkan masa transisi menuju dewasa dianggap sebagai anak yang "lambat matang".

    C. Bertahap
       
    # tiga tahap dalam masa pubertas yaitu, tahap prapuber, tahap puber, tahap pascapuber.

    D. Masa pertumbuhan pesat
       
    Pesatnya berbagai perubahan itu memunculkan keraguan, perasaan tidak mampu dan tidak nyaman, dan sering menimbulkan tingkah laku yang kurang baik. DUNBAR berpendapat "Selama perubahan ini, anak yang sedang berkembang mengalami berbagai perubahan dalam tubuh, perubahan dalam status termasuk penampilan, pakaian, milik, jangkauan pilihan, dan perubahan dalam sikap terhadap seks dan lawan jenis. Kesemuanya meliputi hubungan orangtua-anak yang berubah dan perubahan dalam peraturan-peraturan yang dikenakan kepada remaja"

    E. Masa negatif
       
    CHARLOTE BUHLER menyebut masa puber sebagai fase negatif karena periode ini berlangsung singkat dan terjadi sifat-sifat negatif yang belum terlihat dalam masa kanak-kanak.

    F. Bisa terjadi kapan saja
       
    Masa puber bisa terjadi kapan saja.Di Amerika, anak perempuan berusia 13 tahun sudah matang secara seksual, sedangkan pada anak laki-laki pada usia 14 tahun.


Description: Ciri-Ciri Remaja Pada Masa Pubertas *PSIKOLOGI REMAJA* Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Ciri-Ciri Remaja Pada Masa Pubertas *PSIKOLOGI REMAJA*