Halaman

Rabu, 21 Maret 2012

Tahapan Tahapan PTK (Penelitian TIndakan Kelas)


  • Tahapan Tahapan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
    Pada dasarnya, PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) terdiri dari 4 (empat) tahapan tahapan  dasar yang saling terkait dan berkesinambungan, yaitu tahap perencanaan (Palnning), tahap pelaksanaan (Acting), tahap pengamatan (Observing), dan tahap refleksi (Reflecting).(M. Mega N. dan  Kania Islami Dewi).


    1. Perencanaan Tindakan.
       
    Berdasarkan identifikasi masalah pada tahap pra-PTK, rencana tindakan disusun untuk menguji secara empiris hipotesis tindakan yang ditentukan. Recana tindakan ini mencakup semua langkah tindakan secara rinci.


    2. Pelaksanaan Tindakan
        Tahap ini merupakan realisasi dari segala teori pendidikan dan teknik mengajar yang telah disiapkan sebelumnya dalam perencanaan. Dalam tahap ini guru dituntut agar konsisten dengan segala perencanaan yang telah dibuat. Hal yang harus diperhatikan adalah menyelaraskan relevansi antara tahap perencanaan dengan tahap pelaksanaan agar sejalan dengan maksud awal.


    3. Pengamatan Tindakan
       
    Kegiatan pengamatan atau observasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan. Data yang dikumpulkan pada tahap ini berisi tentang pelaksanaan tindakan dan rencana yang sudah dibuat, serta dampaknya terhadap proses dan hasil intruksional yang dikumpulkan dengan alat bantu atau instrumen pengamatan yang dikembangkan peneliti.


    4. Refleksi Terhadap Tindakan
       
    Tahapan ini merupakan tahapan untuk memposes data yang didapat pada saat melakukan pengamatan. Data yang dianalisis, lalu disentesiskan. Dalam beberapa proses pengkajian data ini, dimungkinkan untuk melibatkan orang luar sebagai kolabulator, seperti halnya pada saat observasi.


Description: Tahapan Tahapan PTK (Penelitian TIndakan Kelas) Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Tahapan Tahapan PTK (Penelitian TIndakan Kelas)