Halaman

Kamis, 12 April 2012

Suka menyendiri, Jemu, Inkoordinasi, Kontradiksi dengan sosial, Beremosi tinggi, Kurang percaya diri, Sangat sederhana adalah perubahan yang dialami seorang anak pada masa pubertas


  • Suka menyendiri
    Terjadinya masa puber menyebabkan remaja enarik diri dari teman-teman dan berbagai aktifitas keluarga, sering betengkar dengan teman-teman dan anggota keluarga, sering melamun dan mempertanyakan mengapa keinginannya tidak dimengerti dan ia diperlakukan kurang baik.
  • Jemu
    Berbagai permainan yang dulu disenangi mulai ditinggalkan karena merasa jemu. Dia juga merasa jemu pada tugas-tugas sekolah, aktivitas sosial dan kehidupan lainnnya. Akibatnya, dia malas hingga presrasi menurun. Semakin sering timbul perasaan fisik yang tidak normal pada dirinya, keengganannya untuk berprestasi itu akan menjadi kebiasaannya.
  • Inkoordinasi
    Pesatnya pertumbuhan dan ketidakseimbangannya akan mempengaruhi pola koordinasi gerak sehingga selama beberapa waktu, anak puber akan merasa janggal dan kaku. Koordinasi itu akan kembali membaik secara bertahap setelah masa puber berakhir.
  • Beremosi tinggi
    Anak puber cepat murung, khawatir, cemas, marah dan menangis hanya karena hasutan yang sangat kecil. Selama masa prahaid dan awal preiode haid, sensitivitas emosi dan suasana hati yang negatif ini sering terjadi. Hal ini akan berkurang bila kondisi fisiknya semakin matang dan ia telah mampu mengendalikannya emosinya.
  • Kurang percaya diri
    Rasa percaya diri yang dulu dimiliki anak puber, kini hilang akibat menurunnya daya tahan fisik dan datangnya kritikan dari teman-teman dan orangtua. Tidak sedikit anak laki-laki dan perempuan yang mengalami perasaan kurang percaya diri ini setelah masa puber.
  • Sangat sederhana
    Pada masa ini, penampilan anak puber menjadi sangat sederhana karena khawatir akan perhatian dan komentar buruk tentang perubahan fisik yang dialaminya.


Description: Suka menyendiri, Jemu, Inkoordinasi, Kontradiksi dengan sosial, Beremosi tinggi, Kurang percaya diri, Sangat sederhana adalah perubahan yang dialami seorang anak pada masa pubertas Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Suka menyendiri, Jemu, Inkoordinasi, Kontradiksi dengan sosial, Beremosi tinggi, Kurang percaya diri, Sangat sederhana adalah perubahan yang dialami seorang anak pada masa pubertas