Halaman

Sabtu, 21 April 2012

Penemu Berat Jenis Benda ( Hukum Archimedes) | Archimedes Tokoh Dunia


Sedikit saya akan menceritakan kisah dan sejarah penemuan berat jenis benda yang dikemukakan oleh tokoh dunia Archimedes

  •    "Eureka! Eureka!" yang artinya "sudah kutemukan! sudah kutemukan!" adalah teriakan sangat terkenal yang mengingatkan orang pada tokoh penemu Hukum Archimedes. Hukum yang mengabdikan nama penemunya ini, yakni Archimedes, diperoleh ketika ia sedang berendam di bak mandinya. Selama mandi rupanya ahli fisika Yunani Kuno ini sedang memikirkan pekerjaan rumah yang diberikan Raja Syracaus, yaitu Herion II untuk menentukan mahkota raja terbuat dari emas murni atau emas campuran .
  •    Raja Herion II yang masih kerabat Archimedes itu rupanya meragukan kejujuran seniman yang membuat mahkota tersebut. Perbandingan berat mahkota dengan berat zat cair yang dipindahkan saat benda itu benar-benar tenggelam memberi Archimedes ide tentang apa yang kini dikenal dan disebut sebagai 'berat jenis benda'.
  •    Begitu gembiranya ia menemukan kesimpulan ini, sampai-sampai dia meloncat! dari bak mandi itu, lupa mengenakan pakaian lebih dalu, sambil berteriak-teriak Eureka! Eureka! dan berlari keluar kamar mandi. Archimedes hanyaperlu memperoleh jumlah kuantitas emas yang digunakan untuk membuat mahkota itu, lalu menentukan berat jenis mahkota itu tidak sama, berarti mahkota itu mengandung emas campuran. Agaknya, tubuhnya yang berendamdi bak mandi telah mengilhaminya.
  •    Rumus yang diperoleh Archiemedes di bak mandi itu sangat luar biasa perannya hingga sekarang, terutama dibidang fisika. Pembuatan kapal, pesawa terbang, dan apa saja yang berhubungan dengan berat jenis benda dalam proses pembuatannya tentu tidak melupakan jasa Archimedes.



Description: Penemu Berat Jenis Benda ( Hukum Archimedes) | Archimedes Tokoh Dunia Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Penemu Berat Jenis Benda ( Hukum Archimedes) | Archimedes Tokoh Dunia