Halaman

Senin, 09 April 2012

Bahaya-Bahaya Yang Mungkin Menimpa Remaja Pada Saat Masa Pubertas


  • Bahaya Bahaya Yang Menimpa Pada Masa Puber..? ada nggak ya..
    Pada umumnya, bahaya yang menimpa masa puber tergolong gawat karena berakibat jangka panjang dan kontradiktif dengan tahap perkembangan selanjutnya. Ada dua macam yang menimpa remaja pada masa puber.;

    1. Bahaya Fisik
        A. Kekurangan hormon pertumbuhan.
           
    Kurangnya jumlah hormon pertumbuhan pada akhir masa kanak-kanak dan awal masa pubertas menyebabkan anak puber lebih pendek dan lebih kecil dibandingkan pada masa selanjutnya.

        B. Kekurangan hormon gonad
           
    Jika hormon gonad yang dikeluarkan tidak cukup banyak atau agak terlambat untuk mengawasi hormon pertumbuhan, pertumbuhan anggota tubuh akan berlangsung lama dan individu pun menjadi lebih besar dari rata-rata.

        C. Berlebihnya persediaan hormon gonad
           
    Fungsi kelenjar pituitary dan gonad yang tidak seimbang tidak seimbang bisa mengakibatkan berlebih nya jumlah produksi hormon gonad pada usia yang sangat muda, sehingga mengakibatkan masa puber dimulai pada usia 5 atau 6 tahun.

    2. Bahaya Psikologis    A. Konsep diri yang kurang baik         Konsep diri yang kurang baik sering menyebabkan anak puber menarik diri dalam kegiatan kelompok, menjadi agresif dan bersikap bertahan, balas dendam atas perlakuan yang dianggapnya kurang adil, serta menjadi rendah diri.

        B. Rendahnya prestasi        Pertumbuhan fisik yang cepat sering menyababkan tenaga menjadi lemah. Kondisi ini mengakibatkan anak puber ingin bekerja sesegera mungkin dan cepat jenu pada setiap aktivitas yang dikerjakan sendiri.

        C. Perilaku menyimpang saat proses kematangan seksual.        THOMAS berpendapat, " Anak ini tidak saja berbeda dari teman-temannya sehingga mudah diasingkan, tetapi dia juga mengalami kesulitan dalam kegiatan akademik, sosial, dan fisik yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dan kemampuannya yang unik. Pengalaman ini hanya akan semakin memperbesar perasaan berbeda.





     


Description: Bahaya-Bahaya Yang Mungkin Menimpa Remaja Pada Saat Masa Pubertas Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Bahaya-Bahaya Yang Mungkin Menimpa Remaja Pada Saat Masa Pubertas