Laman

Kamis, 15 Maret 2012

Perbedaan Karya Ilmiah dan Karya Ilmiah Populer


  • Membandingkan karya ilmiah dengan karya ilmiah populer. Istilah ilmiah populer biasanya dikaitkan dengan artikel atau gaya penulisan karya ilmiah.dengan makna seperti ini dapat kita pahami bahwa karya ilmiah lebih banyak menggunakan istilah teknis, seperti IQ, grafik, tabel, simpangan baku atau sejenisnya, sedangkan karya ilmiah populer lebih banyak menggunakan istilah-istilah umum sehingga mudah dipahami orang banyak, seperti tingkat kecerdasaan atau variasi yang besar atau bahkan berbagai analogi atau unkapan yang populer di kalangan masyarakat umum. Dengan cara seperti ini, karya ilmiah populer akan dinikmati oleh masyarakat umum karena "keilmiahan" yang sering membuat orang enggan membacanya sudah dipoles sehingga menjadi paparan yang mengasyikkan untuk di baca. Untuk lebih memahami perbedaan karya ilmiah dengan karya  ilmiah populer, simaklah kutipan berikut ini





   Kutipan 1


       Duh, gimana sih , berat badan saya kok nggak turun-turun juga? Padahal, saya sudah minum obat pelangsing yang ada di teve, to", keluh Ira (35). Keluhan Ira mungkin mirip dengan keluhan banyak wanita laninnya. Merasa sudah menggunakan obat pelangsing, tetapi ukuran tubuh tetap over size. Bahkan mungkin ditambah keluhan dengan mahalnya harga obat tersebut.
       Menurut Dr. Frans D. Suyatna, staf pengajar jrusan Farmakologi UI, badan, anatara lain dengan berolahraga, mengatur pola makan atau diet, dan menggunakan obat diet. Obat diet yang biasa digunakan adalah penekan nafsu makan. Obat ini masuk dalam golongan amphetamine. Ada juga obat Anoreksi atau obat anti gemuk.


                                         (Nova. No.655/XIII- 17 September 2000, hal.26)


   Kutipan 2


       Etos adalah pandangan hidup; sifat, nilai, dan istiadat yang khas suatu golongan (BP7, 1985). Etos belajar atau semangat belajar adalah sikap dasar dan penilaian seseorang tentang kedudukan belajar (Sunaryo, 1995). Lebih lanjut dikatakan bahwa prinsip-prinsip yang menyemangati etos belajar adalah memiliki orientasi ke masa depan; bekerja keras, teliti, dan menghargai waktu senantiasa berupaya untuk memelihara dan menguasai alam lingkungannya.


                                (Jurnal Ilmu Pendidikan. November 1999, jilid 6,hal 27)






  • Setelah membaca kedua kutipan tersebut, yang mana menurut Anda enak dibaca dan tidak memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk memahaminya? Apakah Anda memilih kutipan nomor 1? Ya, Anda benar sekali. Kutipan nomor 1 memang mudah dipahami dan cukup menarik. Bahasa yang ringan, bergaya santai, membuat orang awam tertarik membacanya. Padahal, kutipan tersebut juga membahas sesuatu yang bersifat ilmiah, yaitu suatu paparan atau analisis yang mengacu pada realita atau teori/pendapat yang pernah ada. Karena gaya bahasa yang santai dan keakraban yang tercemin dari tulisan tersebut, tulisan itu tidak menakutkan.




Description: Perbedaan Karya Ilmiah dan Karya Ilmiah Populer Rating: 3.5 Reviewer: Putra Lubis ItemReviewed: Perbedaan Karya Ilmiah dan Karya Ilmiah Populer