Halaman

Kamis, 15 Maret 2012

Pengertian, tujuan, manfaat, dan ciri-ciri dari Karya Penulisan Ilmiah


  •  Karya Ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta di dukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik. Ada pula pengertian yang di berikan oleh Brotowijoyo, yang di kutip oleh Zaenal Arifin sebagai berikut. " Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan di tulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar"(hal. 2).
  •  Tujuan penulisan karya ilmiah itu sendiri untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi,untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.
  •  Adapula Manfaat yang di berikan dalam menulis karya ilmiah sebagai berikut.
  1. Mengembangkan ketrampilan membaca yang efektif karena ia harus membaca berbagai rujukan sebelu menulis.
  2. Penulis mendapat kesempatan berlatih mengintegrasikan hasil bacaan dengan gagasan sendri, kemudian mengembangkannya menjadi pemikiran yang lebih matang.
  3. Mengakrabkan penulis dengan kegiatan perpustakaan, seperti menggunakan katalog dalam mencari buku yang diperlukan.
  4. Meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasikan dan menyajikan fakta dan data secara jelas dan sistematis.
  5. Dengan menulis karya ilmiah, penulis akan merasakan kepuasan intelektual, yaitu satu kepuasan yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyajikan satu khazanah pengetahuan.
  6. Dengan menulis karya ilmiah, penulis ikut menyumbang bagi perluasan cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.
  •  Berikut ini saya akan menyajikan Ciri-ciri dari sebuah karya ilmiah.
  1. Dari segi isi, karya ilmiah menyajikan pengetahuan yang dapat berupa gagasan, deskripsi tentang sesuatu atau pemecahan suatu masalah.
  2. Pengetahuan yang disajikan tersebut didasarkan pada fakta atau data   (kajian empirik) atau pada teori-teori yang telah diakui kebenarannya.
  3. Sebuah karya ilmiah mengandung kebenaran yang objektif serta kejujuran dalam penulisan.
  4. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku dan banyak menggunakan istilah teknis, di samping istilah-istilah yang bersifat denotatif.
  5. Sistematika penulisan mengikuti cara tertentu.





Description: Pengertian, tujuan, manfaat, dan ciri-ciri dari Karya Penulisan Ilmiah Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Pengertian, tujuan, manfaat, dan ciri-ciri dari Karya Penulisan Ilmiah