Halaman

Selasa, 20 Maret 2012

Pengertian, Tujuan, dan Sejarah Dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas)


  • Pengertian pengertian, tujuan tujuan, sejarah sejarah dari penelitian tindakan kelas
    David Hopkinsn (1993)


    PTK adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh guru untuk menguji anggapan-anggapan dari suatu teori pendidikan dalam praktik,atau sebagai arti dari evaluasi dan melaksanakan seluruh prioritas program sekolah.
  • Russeffendi (1999)
    PTK adalah suatu tindakan terarah, terencana, cermat, dan penuh perhatian yang dilakukan oleh praktisi pendidikan (guru) terhadap permasalahan yang ada dalam kelas yang bertujuan untuk perbaikan pendidikan seperti metode mengajar, kurikulum, dan sebagainya.
  • Nelson Siregar(****)
    PTK adalah suatu upaya menjelaskan berbagai aspek dari hubungan antar ketergantungan materi-subjek, pemebelajaran, dan pengajar sehubungan dengan isu totalitas dan logika internal dari tugas sosial mengkonstruksi pengetahuan dari PBM.
  • Elliot
    PTK adalah kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya seluruh proses, telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengaruhnya menciptakan hubungan yang diperlukan anatara evaluasi diri dari perkembangan profesional.
  • Carr and Kemmis
    PTK adalah suatu bentuk refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (guru, siswa, atau kepala sekolah) dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran.
  • Harjodipuro
    PTK adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan jalan mendorong para guru untuk memikirkan praktik tersebut agar mau untuk mengubahnya.

    Sejarah Penelitian Tindakan kelas
    Munculnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berasal dari inspirasi pendekatan ilmiah yang di kemukakan oleh seorang flsifus bernama John Dewey tahun 1910 dalam sebuah buku yang berjudul How We Think dan The Source of a Science of Education.


    Pada awal tahun 1980, di Amerika, muncul suatu keinginan untuk mewujudkan kolaborasi dalam upaya mengembangkan profesionalisme antara pendidik dan tenaga kependidikan. Gideonse (1983) mengemukakan bahwa restorasi terhadap pendekatan penelitian perlu diadakan sehingga penelitian yang dilakukan merupakan investigasi yang terkendali terhadap berbagai fase pendidikan dan pembelajaran dengan cara refleksi dan sistematis. Upaya kaloborasi ini dikenal sebagai tindakan atau Action research.


    Awal mulanya, Action recearch dikembangkan oleh seorang psikologi bernama Kurt Lewin dengan tujuan untuk mencari penyelesaian terhadap problem sosial, seperti pengangguran atau kenakalan remaja yang berkembang di masyarakat pada waktu itu. Action Research diawali oleh suatu kajian terhadap suatu problem secara sistematis.

    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
    Tujuan utama pembuatan PTK menurut M. Mega N. dan Kania Ilsami Dewi adalah untuk memecahkan pemasalahan yang terjadi di kelas dan meningkatkan kegiatan guru dalam pengembangan profesionalnya. secara rinci tujuan PTK antara lain:

    1. Menongkatkan kualitas isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
    2. Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran.
    3. Hasil penelitian dapat mendukung langsung pembelajaran yang sedang berlangsung.

    4. Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan

    5. Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif dalam melakukan perbaikan kualitas pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.   






Description: Pengertian, Tujuan, dan Sejarah Dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Pengertian, Tujuan, dan Sejarah Dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas)